MATERI SALAM PRAMUKA

FOTO : EDUKASIKOMPAS

Salam Pramuka!!!
Salam

Dua kali tepuk pramuka!!
Prok prok prok
Prok prok prok

Selamat semangat pagi kawan-kawan semua
Kali ini saya ingin memposting dengan tema yang cerita yaitu PRAMUKA.

Seperti yang kita ketahui keberadaan PRAMUKA di Indonesia bukan hanya penting tapi sangat wajib dalam dunia pendidikan. Karena dengan mengenal dan mengikuti kegiatan kepramukaan di sekolah dapat membuat kita menjadi pribadi yang tangguh dan bermental baja.

PRAMUKA merupakan singkatan dari PRAJA MUDA KARANA atau ORANG MUDA YANG SUKA BERKARYA yang dimana para anggotanya berjiwa muda dan ceria dengan berlandaskan Tri Satya dan Dasa Dharma.

Kesempatan kali ini saya ingin memposting sedikit materi tentang SALAM PRAMUKA.

Salam Pramuka adalah perwujudan dari penghargaan seorang pramuka kepada pramuka lainnya. Biasanya salam pramuka diberikan dengan memberikan hormat sambil meneriakkan "SALAM PRAMUKA!". Maka orang yang diberi salam akan menjawab dengan meneriakkan "SALAM!" sambil menghormat juga.

Salam pramuka merupakan tanda penghormatan untuk orang yang berbudi, siapa yang melihat dulu ia yang memberikan salam terlebih dahulu tanpa memandang kepangkatannya dalam masyarakat.

Salam pramuka selain sebagai penghormatan, juga berarti mengingatkan akan Tri Satya dan Pancasila kepada yang diberi salam, sehingga setiap anggota pramuka, berkenan menyampaikan salam kepada sesama pramuka, pembimbing, dan pembina pramuka serta kepada semua orang yang berhak menerimanya.

Salam pramuka juga merupakan suara perwujudan ikatan jiwa yang erat, maka di dalam memberi atau menjawab salam pramuka harus dilaksanakan dengan tertib dan sempurna, sehingga tercermin semangat pramuka yang rajin, gembira dan penuh keikhlasan.

Salam pramuka secara umum terbagi menjadi 3 macam.

Pertama adalah SALAM BIASA. Salam ini disampaikan atau diberikan kepada sesama anggota pramuka. Siapa yang melihat dulu, dialah yang harus memberi salam terlebih dahulu tanpa aba-aba, tidak pandang pangkat, tua maupun muda. Salam tersebut dapat diberikan sambil berjalan, sedang duduk, naik sepeda, ataupun kendaraan, jadi tidak perlu berdiri.

Macam-Macam Salam Pramuka Lengkap - WAWASANKU
FOTO : WAWASANKU
Kedua adalah SALAM PENGHORMATAN. Salam hormat adalah salam yang diberikan kepada seseorang atau sesuai yang kedudukannya lebih tinggi. Untuk salam hormat diberikan kepada :

1. Bendera kebangsaan ketika dikibarkan atau diturunkan dalam suatu upacara.
2. Jenazah yang sedang lewat atau akan dimakamkan.
3. Kepala negara atau wakilnya, panglima tinggi, para duta besar, para menteri, dan pejabat lainnya.
4. Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.
5. Panji-panji Pramuka.

Gudang ILMU: Arti Dan Tata Cara Salam Pramuka
FOTO : GUDANGILMU
Ketiga adalah SALAM JANJI. Salam janji adalah tanda penghormatan yang dilakukan setiap anggota pramuka sewaktu mendengar Tri Satya sedang dibacakan atau ada anggota pramuka yang sedang dilantik. Salam janji juga diberikan pada saat pengucapan janji Tri Satya dalam Ulang Janji.

Materi Salam Pramuka: Pegertian, Macam, Fungsi, Maksud, Tujuan dan ...
FOTO : PRAMUKATOP
Adapula penggunaan dan pengucapan salam dengan benar disesuaikan dengan kondisi tertentu.

Pertama dalam keadaan berhenti, jika anggota pramuka tidak menggunakan peci/songkok/baret maka harus bersikap sempurna dengan gerakan cepat tangan di angkat ke arah pelipis kanan, siku-siku 15 derajat seorang ke depan, kelima jari tangan rapat satu sama lain, telapak tangan serong ke bawah dan ke kiri ujung jari tengah dan telunjuk mengenai pelipis.

Kemudian pergelangan tangan lurus, bahu tetap seperti dalam sikap sempurna, pandangan mata tertuju pada yang diberi salam. Jika selesai salam, maka tangan dikembalikan secara cepat ke sikap sempurna kembali.

Jika anggota pramuka menggunakan peci/songkok/baret maka harus bersikap sempurna dengan gerakan cepat tangan di angkat ke arah pelipis kanan, siku-siku 15 derajat seorang ke depan, kelima jari tangan rapat satu sama lain, telapak tangan serong ke bawah dan ke kiri ujung jari tengah dan telunjuk mengenai tepi bawah dan peci setinggi pelipis.

Jika anggota pramuka menggunakan peci yang ada kelep, harus bersikap sempurna dengan gerakan cepat tangan di angkat ke arah pelipis kanan, siku-siku 15 derajat seorang ke depan, kelima jari tangan rapat satu sama lain, telapak tangan serong ke bawah dan ke kiri ujung jari tengah dan telunjuk mengenai ujung kelep.

Jika anggota pramuka menggunakan/membawa tongkat pramuka maka sikap sempurna, tongkat di tangan kanan di samping badan, diangkat sedikit, tangan kiri ditekukkan ke kanan depan dada (antara dada dan perut). Tangan kiri lurus rata-rata ke kanan, jari rapat dan ujung jari tengah menyentuh tongkat, pandangan lurus kepada yang diberi salam atau kepala dipalingkan kepada arah yang diberi salam datang.

Hal yang harus diperhatikan dalam memberi salam poin kedua yaitu dalam keadaan berjalan.

Jika anggota pramuka dalam keadaan jalan biasa kemudian melakukan salam pelaksanaannya sama seperti di atas hanya saja dengan memalingkan muka atau kepala dan pandangan lurus tertuju kepada orang yang diberi salam.

Jika anggota pramuka dalam keadaan jalan dan membawa tongkat pramuka maka apabila membawa tongkat di muka badan, maka sikap seharusnya yaitu tongkatnya dipegang kedua tangan, tangan tetap di muka badan dalam keadaan berjalan, dengan memalingkan kepala ke arah orang yang diberi salam. 

Jika tongkat yang dibawa disandang di kanan, maka dalam keadaan berjalan bisasa, tangan kanan memegang tali sandang dengan bentuk siku-siku ke depan, tangan kiri ditekuk ke kanan depan dada, kepa di palingkan kepada orang yang diberi salam.

Jika tongkat yang dibawa disandang di kiri, maka tetap dalam keadaan berjalan bisa tangan kiri memegang tali sandang tangan kanan memberi salam seperti salam seperti salam bisa dan pandangan lutus kepada orang yang di beri salam.

FOTO : ROIDFADEL
Kemudian ada sikap untuk memberi salam dalam keadaan membawa barang. Pertama jika barang bawaan ringan ditangan kanan, maka barang tersebut dipindahkan ke tangan kiri sebelum memberi salam seperti biasa.

Kedua jika barang yang dibawa berat baik di tangan kanan maupun di tangan kiri maka salam cukup mengucapkan "salam" saja.

Jadi pesan penting Salam Pramuka ini mengajarkan kita untuk senantiasa selalu menghormati dan selalu bersikap ramah kepada siapapun khususnya kepada anggota pramuka itu sendiri.

Karena pada umumnya, salam diberikan kepada sesama tanpa memandang jabatan, namun jika ada orang yang memang memiliki jabatan khusus kita perlu menghormatinya dengan sikap yang sempurna seperti halnya kita menghormati kepala negara.

Baiklah sekian materi hari ini, semoga materi yang disampaikan menjadi tambahan ilmu untuk teman-teman semua yang membaca dan mengunjungi blog ini.

Jikalau memang ada kekurangan dalam postingan ini, saya menerima masukkannya untuk diperbaiki kedepannya, terimakasih.

Jangan lupa ya untuk memberi komentar, memfollow blog ini, juga membagikan postingan ini ke media sosial kamu. Dan jangan lupa BAHAGIA :)

Tetap semangat yaa semuanya
SALAM PRAMUKA!!!


       Daftar Pustaka :
  1. Novia.S, Khoirul. 2013. Buku Pintar Pramuka Superlengkap+3 SKU Penggalang, Penegak, Pandega. Jogjakarta : Pustaka Widyatama.
  2. Jaenudin Yusup, dkk. 2014. Panduan Wajib Pramuka Superlengkap. Jakarta : Kawah Media.

Komentar